Pelatihan E-Learning - SMA SANTA MARIA

Pelatihan E-Learning"

 Handout

 

Pelatihan E-Learning

SMA Santa Maria Yogyakarta

(Andreas Suprono, M.Pd.*)

 

  1. 1.      Pendaftaran pengguna baru

(sudah dibantu mendaftar oleh admin, Bapak/Ibu tinggal memasukkan username dan password yang telah ditentukan èlihat suplemen/lampiran)

Apabila diperlukan, cara untuk mendaftar sebagai pengguna adalah dijelaskan sebagai berikut:

Setiap orang yang akan menggunakan sistem e-learning perlu mendaftarkan diri sebagai pengguna (admin dapat juga mendaftarkan seseorang untuk menjadi user secara manual). Untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna baru, dari halaman depan http://klikstama.webs.com  klik tab e-learning di sebelah atas.

 

gambar 1. halaman depan http://klikstama.webs.com

 

gambar 2. halaman depan https://andreassupro.gnomio.com

 

 

gambar 3. halaman depan login

 

Klik link “Login” di sebelah kiri.Setelah muncul halaman baru, klik tombol “Create new account” yang terletak di kanan bawah. maka akan muncul tampilan blangko sebagai berikut. Cara yang lebih cepat adalah langsung meng-klik tombol “Create new account” yang terletak di halaman depan.

 

gambar 4. halaman depan “Create new account”

 

Isilah blangko tersebut dengan lengkap. Jangan lupa untuk mengingat username dan password anda, karena dua hal ini diperlukan saat anda melakukan login. Setelah blangko pendaftaran diisi dengan lengkap, selanjutnya klik-lah tombol “Create my new account”. Bila terjadi kesalahan, periksa kembali blangko tersebut. Kemungkinan kesalahan adalah username yang anda pilih sudah pernah dipakai orang lain. Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut.

 

gambar 5. halaman depan konfirmasi “Create new account”

 

Pada saat ini sebuah e-mail dikirim secara otomatis oleh sistem kepada calon pengguna. Calon pengguna perlu melakukan konfirmasi dengan cara meng-klik suatu link yang ada dalam e-mail tersebut. Setelah itu, sistem e-learning akan menampilkan halaman yang menunjukkan bahwa pengguna telah terdaftar.

 

  1. 2.      Mengubah profil pribadi

Setelah anda melakukan konfirmasi melalui email, maka account (username dan password) anda sudah dapat digunakan. Loginlah ke sistem elearning. Bila berhasil, maka di sebelah kanan atas akan ditampilkan nama anda. Untuk memulai mengubah profil, klik-lah nama anda tersebut.

 

gambar 6. halaman depan profile

 

Selanjutnya akan muncul tampilan layar personal profile.

 

gambar 7. halaman depan edit profile

 

Klik-lah tab “Edit profile”, sehingga tampilan menjadi sebagai berikut.

 

gambar 8. halaman depan edit profile

 

Dalam tampilan tersebut, anda dapat mengubah berbagai informasi pribadi anda, misalnya: nama, alamat email, kota, gambar pribadi, atau informasi lainnya. Perlu diperhatikan bahwa bila anda ingin mengupload gambar (foto) anda, maka gunakan ukuran file yang kecil saja, yakni kurang dari 10 KB.

 

  1. 3.      Mengubah setting course

Setelah terdaftar sebagai pengguna biasa, seseorang dapat diangkat statusnya menjadi ”teacher” oleh admin. Dalam sistem e-learning stama ini, anda harus mengirim email ke admin untuk menjadi “teacher” dan mendapatkan course baru. Setelah seorang pengguna dibuatkan suatu course baru dan dia di-assign sebagai ”teacher”- nya, maka setelah login dia dapat mengedit dan mengatur course-nya sesuai keinginan. Halaman depan sebuah course yang belum diedit adalah sebagai berikut.

 

gambar 9. halaman depan course

 

Pada gambar tersebut terlihat halaman depan suatu course yang baru dibuat dan belum pernah diedit. Anda dapat melakukan pengaturan atau setting terhadap course tersebut, misalnya: mengubah judul course, mengubah deskripsi, memilih format, menentukan tanggal mulai, memberi kunci, dll. Untuk mengatur setting halaman course, klik-lah link ”Settings” dalam menu Administration, sehingga muncul windows untuk pengaturan sebagai berikut.

 

gambar 10. halaman depan adminstration course

 

Field-field yang diberi tanda panah di atas perlu mendapat perhatian untuk dimodifikasi, sedangkan field lainnya yang sudah tersisi secara default untuk sementara tidak begitu penting untuk dimodifikasi. Setelah selesai mengubah berbagai setting yang anda perlukan, klik-lah tombol “Save changes” pada bagian bawah layar.

 

  1. 4.      Memasukkan materi pembelajaran

Sebuah course yang baru saja dibuat tentu saja masih kosong, sehingga perlu diedit. Untuk memulai mengedit course (memasukkan materi dan kegiatan pembelajaran), klik-lah tombol ”Turn editing on”, sehingga tampilan suatu course menjadi sebagai berikut.

 

gambar 11. halaman depan course

 

 

 

gambar 12. halaman depan edit materi course

 

Bila tombol tersebut sudah berupa “Turn editing off” berarti halaman siap diedit. Tombol tersebut bersifat “toggle”.

Untuk memasukkan materi pembelajaran pada minggu tertentu (bila menggunakan format mingguan), gunakan menu ”Add a resource...” pada minggu tersebut. Bila menu “Add a resource…” diklik, maka akan muncul tampilan berikut.

 

gambar 13. halaman depan course setting

 

Materi yang bisa dimasukkan antara lain:

  • Halaman teks (Compose a text page)
  • Halaman web (Compose a web page)
  • Link ke file atau situs web
  • Direktori (Display a directory)
  • Label (Insert a label)
  • Paket IMS (Add an IMS Content Package)

 

gambar 14. halaman depan add a resourses

 

Halaman teks (Compose a text pape)

Melalui menu “halaman teks”, materi pembelajaran dapat diketikkan secara langsung dalam teks editor yang disediakan. Materi hanya berupa teks datar tanpa gambar maupun link. Materi dapat disajikan dalam halaman yang sama maupun dalam halaman pop-up.

 

Halaman web (Compose a web page)

Melalui menu ”halaman web”, materi pembelajaran dapat diketikkan secara langsung dalam teks editor dengan fasilitas format penuh misalnya font, warna, gambar, tabel, link, dll. seperti halnya dalam ”MS Word”. Materi juga dapat disajikan dalam halaman yang sama maupun dalam halaman pop-up. Memasukkan dokumen dalam halaman web ini bisa melalui fasilitas copy-paste.

 

Link ke file atau situs web (Link to a file or web site)

Apabila guru sudah mempunyai file materi pembelajaran (doc, ppt, pdf, xls, dll), maka proses pemasukkan materi akan lebih cepat yaitu dengan menggunakan menu “Link ke file atau situs web”. Dengan demikian file-file tersebut dapat langsung di-upload ke server. Materi dapat juga berasal dari situs web tertentu. Setting yang harus dilakukan adalah seperti gambar berikut.

 

gambar 15. halaman depan adding a new file

 

Judul materi pembelajaran harus dituliskan, sedangkan ringkasannya bersifat opsional. Untuk memilih file yang akan dimasukkan, klik tombol ”Choose or upload a file...”, sehingga akan muncul tampilan berikut.

 

gambar 16. halaman depan select file

 

Pilih file yang sudah tersedia atau bila file belum ada (masih ada di komputer) klik-lah “Upload a file”. Bila yang diklik “Upload a file”, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

 

gambar 17. halaman depan file picker

 

Carilah file yang akan di-upload dengan menekan tombol “Browse”, kemudian setelah filenya dipilih, tekan tombol ”Upload this file”. Dengan demikian file akan ter-upload ke server dan siap dimasukkan ke halaman course.

 

Direktori (Display a directory)

Apabila guru ingin memberikan banyak file ke pengguna, maka akan lebih praktis bila file-file tersebut dimasukkan ke suatu direktori yang bisa diakses. File-file tersebut perlu di-upload terlebih dahulu ke server.

 

Label (Insert a label)

Label digunakan untuk menuliskan teks tambahan dalam halaman course, misalnya untuk penjelasan suatu topik, pendahuluan suatu materi, dll. Label dapat berupa teks berformat, gambar, link, tabel, dll.

 

  1. 5.      Membuat tugas

Penilaian jawaban pada Quiz dilakukan secara otomatis oleh sistem. Untuk pertanyaan-pertanyaan yang sangat terbuka dimana tidak mungkin dinilai oleh sistem, maka guru harus menilai jawaban secara manual. Untuk itu diperlukan aktivitas yang disebut dengan Tugas (assignment).

Klik-lah menu “Add an activity…” pada minggu tertentu dimana kita akan memasukkan Tugas dan pilihlah Assignment.

Selanjutnya akan muncul halaman untuk setting Assignment sbb.

 

gambar 18. halaman depan add an activity

 

 

gambar 19. halaman depan adding a new assignment

 

Beberapa field dari halaman setting assignment yang bisa diatur antara lain:

  • Assignment name: judul tugas/pertanyaan
  • Description: uraian tugas/pertanyaan
  • Grade: nilai
  • Available from: tanggal dan jam kapan tugas mulai dapat dikerjakan/dikumpulkan
  • Due date: tanggal dan jam batas akhir pengiriman tugas
  • Prevent late submissions: bila terlambat masih boleh mengirim atau tidak
  • Assigment type: jenis tugas
  • Group mode: kelompok atau tanpa kelompok
  • Visible: kelihatan atau tersembunyi

 

Dalam Moodle versi terbaru (1.7), jenis-jenis tugas adalah:

  • Upload a single file: siswa harus mengirimkan sebuah file (hasil pekerjaan) melalui sistem ini.
  • Advanced uploading of files: siswa bisa mengirimkan beberapa file hasil pekerjaan.
  • Offline activity: untuk pekerjaan yang tidak mungkin berupa file, hasilnya bisa diserahkan ke guru secara konvensional tetapi pemberian nilai tetap lewat sistem ini.
  • Online teks: tugas jenis ini mengharuskan siswa langsung menuliskan teks dalam sistem ini.

 

Setelah tombol “Next” ditekan, maka tampilan berikutnya adalah tergantung dari ”Assigment type” yang telah dipilih pada halaman sebelumnya.

  1. Bila jenis tugas yang dipilih adalah “Upload a single file”, maka akan muncul tampilan berikut.

 

gambar 20. halaman depan upload a single file

 

Penjelasannya adalah:

Maximum size: ukuran file maksimum yang diijinkan untuk dikirim

Allow resubmitting: apakah siswa boleh mengirim ulang

Email alerts to teachers: Bila dipilih “Yes”, maka gurunya akan diberitahu dengan email saat tugas dikirim. Setelah tombol “Continue” ditekan, maka preview tugas akan ditampilkan. Bila perlu, tugas dapat diedit.

  1. Bila jenis tugas yang dipilih adalah “Advanced uploading of files”, maka akan muncul tampilan berikut.

 

gambar 21. halaman depan advance uploading file

 

Penjelasannya adalah:

Maximum size: ukuran file maksimum yang diijinkan untuk dikirim

Allow deleting: Bila dipilih “Yes”, maka siswa boleh menghapus file yang sudah dikirim

Maximum number of uploaded files: jumlah file maksimum yang bisa dikirim

Allow notes: Bila dipilih “Yes”, maka siswa bisa menambahkan catatan untuk menyertai tugas yang dikirim

Hide description before available date: Bila dipilih “Yes”, maka uraian tugas/pertanyaan akan disembunyikan sebelum waktunya

Email alerts to teachers: Bila dipilih “Yes”, maka gurunya akan diberitahu dengan email saat tugas dikirim

Setelah tombol “Continue” ditekan, maka preview tugas akan ditampilkan. Bila perlu, tugas dapat diedit.

  1. Bila jenis tugas yang dipilih adalah “Offline activity”, maka akan muncul tampilan berikut. Tampilan ini tidak memerlukan setting lagi, karena tugas jenis ini pengirimannya langsung ke guru secara tatap muka, sedangkan pemberian nilai masih tetap lewat sistem. Setelah tombol “Continue” ditekan, maka preview tugas akan ditampilkan. Bila perlu, tugas dapat diedit.

 

gambar 22. halaman depan offline activity

 

  1. Bila jenis tugas yang dipilih adalah “Online text”, maka akan muncul tampilan berikut.

 

gambar 23. halaman depan online text

 

Penjelasannya adalah:

Allow resubmitting: Bila dipilih “Yes”, maka siswa boleh mengirim ulang

Email alerts to teachers: Bila dipilih “Yes”, maka gurunya akan diberitahu dengan email saat tugas dikirim

Comment inline: Bila dipilih “Yes”, maka jawaban akan dicopy ke kolom feedback, sehingga memudahkan guru memberi komentar baris per baris.

Setelah tombol “Continue” ditekan, maka preview tugas akan ditampilkan. Bila perlu,

tugas dapat diedit.

 

  1. 6.      Menilai tugas

Selanjutnya, hasil pekerjaan yang dikirim oleh siswa melalui sistem e-learning ini dengan mudah dapat dikelola oleh guru. Setiap file yang masuk akan diketahui pengirimnya dan waktunya, selanjutnya guru dapat memeriksa tugas, memberi komentar dan nilai. Setelah itu siswa akan segera mengetahui bahwa tugasnya telah dikoreksi guru.

Contoh halaman pengiriman tugas-tugas dari siswa adalah sbb.

 

gambar 24. halaman depan grading action

 

 

gambar 25. halaman depan grading action

 

Contoh halaman untuk menilai tugas siswa.

 

gambar 26. halaman depan grading action

 

  1. 7.      Membuat Quiz

Guru dapat menguji kemampuan siswa dengan membuat Quiz. Macam-macam soal Quiz yang bisa dibuat melalui Moodle antara lain: pilihan berganda, benarsalah, isian, essay, menjodohkan, dll. Pembuatan suatu Quiz dimulai dengan membuat wadahnya terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan membuat soal-soalnya.

 

gambar 27. halaman depan membuat Quiz

 

Klik menu “Add an activity…” pada minggu tertentu dimana kita akan memasukkan quiz dan pilihlah Quiz.

Maka akan muncul halaman untuk setting Quiz sebagai berikut.

 

gambar 28. halaman depan membuat Quiz

 

Selain judul quiz dan penjelasannya, ada beberapa field yang perlu diisi, yakni

antara lain:

  • Open the quiz: Tanggal dan jam di mana quiz mulai tersedia.
  • Close the quiz: Tanggal dan jam di mana quiz sudah ditutup (selesai).
  • Time limit: Lamanya waktu penyelesaian quiz.
  • Time delay between first and second attempt: Jarak waktu yang diperbolehkan mengulagi Quiz untuk yang kedua kalinya.
  • Time delay between later attempts: Jarak waktu yang diperbolehkan mengulagi Quiz selanjutnya.
  • Question per page: Jumlah soal/pertanyaan pada setiap halaman.
  • Shuffle questions: Pertanyaan dapat disajikan secara acak setiap kali quiz diakses.
  • Shuffle answers: Jawaban (untuk soal pilihan berganda dan menjodohkan) dapat diacak setiap kali suatu soal diakses.
  • Attempts allowed: Jumlah maksimum pengguna boleh mencoba mengulangi quiz.
  • Each attempt builds on the last: Pilihan Yes berarti setiap menjawab soal ulangan akan dipengaruhi hasil jawaban sebelumnya.
  • Adaptive mode: Untuk pilihan Yes, bila jawaban salah, siswa diperbolehkan menjawab suatu soal berkali-kali hingga betul, akan tetapi akan ada penalti setiap kali jawaban salah.
  • Grading method: Untuk soal yang boleh diulang, cara menentukan nilai akhir dapat dipilih misalnya: nilai tertinggi, rerata, pertama, atau terakhir.
  • Apply penalties: Pilihan ini berkaitan dengan Adaptive mode yang dipilih Yes.
  • Decimal digits in grade: Banyaknya angka dibelakang koma dari suatu nilai.
  • Student may review: Pilihan ini akan mengatur kapan siswa dapat mengetahui respon, skor, umpan balik, jawaban yang benar, dll.
  • Show quiz in a "secure" window: Soal akan ditampilkan dalam windows khusus guna mengurai kemungkinan siswa berbuat curang.
  • Require password: Password dapat diberikan pada Quiz.
  • Require network address: IP address yang boleh mengakses Quiz bisa dimasukkan.

Setelah selesai melakukan pengisian dan menekan tombol “Save changes”, maka akan muncul halaman editing QUIZ sebagai berikut.

 

gambar 29. halaman depan edit pertanyaan Quiz

Dari halaman editing QUIZ tersebut terlihat bahwa belum ada soal-soal yang dimasukkan dalam QUIZ (karena memang belum dibuat). Oleh karena itu, selanjutnya adalah melakukan pembuatan soal-soal baru. Pilihlah jenis soal yang akan dibuat dengan memilih menu “Create new question”. Setelah membuat tiga buah soal dengan jenis yang berbeda, maka halaman editing QUIZ menjadi sbb.

 

gambar 30. halaman depan edit pertanyaan Quiz

Selanjutnya adalah menambahkan (memasukkan) soal-soal tersebut kedalam QUIZ yang nanti akan diakses oleh user. Caranya adalah: pilihlah (klik) soal-soal yang akan ditambahkan, kemudian tekan tombol “<<Add to quiz”. Maka halaman editing QUIZ menjadi sbb.

 

gambar 31. halaman depan edit pertanyaan Quiz

Untuk melihat tampilan QUIZ yang baru saja dibuat, tekanlah tab “Preview” (lihat gambar di bawah).

 

gambar 32. halaman depan preview Quiz

Untuk kembali mengedit (meng-update atau menambah soal-soal baru), tekanlah tab “Edit”, sehingga halaman editing QUIZ akan muncul.

  1. 8.      Membuat forum

Forum diskusi merupakan sarana komunikasi bagi guru dan siswa. Untuk membuat forum, klik menu ”Add an activity...” dan pilih Forum. Setting untuk forum adalah sbb.

 

gambar 33. halaman depan membuat forum

 

 

gambar 34. halaman depan edit Forum

 

  1. 9.      Membuat chat

Chat merupakan sarana komunikasi yang bersifat synchronous bagi guru dan siswa. Untuk membuat Chat, klik menu ”Add an activity...” dan pilih Chat. Setting untuk chat adalah sbb.

 

gambar 35. halaman depan membuat Chat

 

 

gambar 36. halaman depan edit Chat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Arsyad,Azhar.2002. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Bangert-Drowns, R. L., Kulik, J. A., & Kulik, C. C. (1985). Effectiveness of computer-based education in secondary schools. JOURNAL OF COMPUTER-BASED INSTRUCTION, 12, 59-68.

Barbara B. Seels dan Rita C. Richey yang berjudul Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya, hasil terjemahan Dewi S. Prawiradilaga, dkk.(1995) dari judul aslinya Instructional Technology : Definition and Domain of Field yang diterbitkan pada tahun 1994

 

Katu, N. (1992). Development of Conception in Basic Electricity : An Exploratory Study Using Teaching Experiment Methodology. Doktoral Disertation. Unpublished. University Park, PA : The Pennsylvania State University.

Kulik, J. A., Kulik, C. C., & Bangert-Drowns, R. L. (1985). Effectiveness of computer-based education in elementary schools. COMPUTERS IN HUMAN BEHAVIOR, 1, 59-74.

Roblyer, M. D., Castine, W. H., & King, F. J. (1988). Assessing the Impact of Computer-Based Instruction: A Review of Recent Research. Binghamton, NY: Haworth.

Seels, Barbara B.& Richey,Rita C. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington DC : AECT

Sigit. Et al.(2008).Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk pembelajaran Yang Berkualitas.Diambil 24 September 2011 dari http://tpcommunity05.blogspot.com/2008/04/pengembangan -pembelajaran-dengan/

The Definition of Educational Technology, AECT Task Force on Definition and Terminology, Association for Educational Communications and Technology, Washington DC.

This digest, based on Assessing the Impact of Computer-Based Instruction: A Review of Recent Research by M. D. Roblyer, W. H. Castine, and F. J. King, was prepared for the ERIC Clearinghouse on Information Resources by M. D. Roblyer